Cara Agar Terhindar dari Phishing Saat Belanja Online

Cara Agar Terhindar dari Phishing Saat Belanja Online

Cara Agar Terhindar dari Phishing Saat Belanja Online
Selasa, 21 Juni 2022
Cara Agar Terhindar dari Phishing Saat Belanja Online
Untuk anda yang senang berselancar dengan internet terutama belanja online, ada baiknya anda melakukan dengan hati-hati dengan kejahatan phishing yang bisa membuat dompet digital anda terkuras habis tanpa disadari.

Tidak hanya itu, namun berbagai data penting yang anda miliki seperti password e-commerce, KTP dan data lainnya juga dapat dicuri yang tentunya sangat merugikan.

Agar bisa terhindar dari phishing saat belanja online, berikut beberapa Cara Agar Terhindar dari Phishing Saat Belanja Online versi elo.my.id.

1. Tolak Tawaran Update Data


Sebaiknya, jangan percaya jika anda mendapat email atau telepon yang mengaku bahwa itu adalah pihak bank atau lainnya supaya anda bisa terhindar dari phishing.

Perlu diketahui jika umumnya pihak bank akan memberikan saran para nasabahnya untuk datang langsung ke cabang jika ingin melakukan update data dan harus dilakukan sendiri tanpa campur tangan dari pihak bank.

Hindari bertindak sembrono dan tergesa-gesa untuk klik link atau email yang ada pada email yang anda terima termasuk juga jika ada undangan kalendar.

Ditambah lagi jika email tersebut sampai meminta informasi pribadi seperti rekening bank, nomor telepon dan sebagainya, maka sebaiknya tingkatkan kewaspadaan anda.

2. Hati-hati Dengan Survei yang Diiringi Dengan Hadiah


Modus phishing biasanya dilakukan dengan mudah lewat internet lewat permintaan survei yang diiringi dengan pemberian hadiah yang menggoda.

Jika sampai anda mendapatkan pertanyaan mengenai berbagai hal sensitif yang berhubungan dengan data keuangan seperti nomor rekening, nomor PIN, nama ibu kandung sampai kode OTP, maka sebaiknya jangan dipercaya.

Sebetulnya, tidak semua survey online yang dilakukan adalah penipuan. Namun tidak ada salahnya jika anda meningkatkan kewaspadaan jika memang mendapatkan pertanyaan semacam ini.

Pastikan email yang dikirimkan tersebut juga tidak membawa virus malware dan pastikan jika link survei tersebut sudah aman.

Jika sampai anda diminta untuk mengisi berbagai data pribadi serta bank yang bersifat sensitif, maka sebaiknya jangan dilakukan.

Khususnya jika sampai anda diminta untuk mengirimkan sejumlah uang supaya bisa menebus hadiah dari survei tersebut.

3. Waspada Dengan Modus Diskon Besar dan Produk Murah Meriah


Modus phishing saat berbelanja online biasanya juga dilakukan lewat penawaran berbagai produk murah, tawaran hadiah atau tawaran bisnis.

Ada baiknya ada berhati-hati dengan iklan yang tidak wajar karena biasanya dijadikan sasaran empuk penipuan siber.

Berhati-hati juga dengan berbagai sponsor atau tawaran iklan yang ada di dunia maya karena hanya akan merugikan anda jika sampai data yang anda miliki dicuri.

Pastikan juga anda menulis situs dan domaindengan baik karena meski namanya sama, namun anda bisa saja masuk ke situs yang tidak resmi dan salah.

Contohnya jika anda sedang berbelanja online pada situs yang belum anda kenal dengan baik.

Bisa saja mereka memasang iklan seperti diskon yang sangat besar yang tentu sangat menggiurkan. Sebenarnya, yang menjadi incaran mereka bukanlah uang namun data pribadi yang anda miliki.

Ketika data anda sampai bobol, maka pelakunya bisa memakai akun bank yang anda miliki termasuk juga kartu kredit untuk melakukan transaksi sesuka mereka.

4. Gunakan Password yang Kuat


Cara agar terhindar dari phishing berikutnya saat berbelanja online adalah memakai password yang kuat dan pastikan mengganti sandi tersebut dengan teratur setidaknya 3 bulan sekali.

Periksa seluruh sandi transaksi digital yang anda miliki dari mulai akun belanda e-commerce, akun perbankan sampai akun dompet digital anda.

Selain itu, pastikan juga anda selalu mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Contohnya SMS atau nomor telepon serta email.

Ini juga sangat penting dilakukan supaya anda bisa memperoleh pemberitahuan atau notifikasi ketika ada aktivitas login pada negara, perangkat atau lokasi lain yang mencurigakan.

5. Jaga Selalu Kerahasiaan Data Pribadi dan OTP


Meski terdengar sepele, namun kote OTP yang masuk lewat email atau SMS memiliki sifat yang sangat rahasia. Pastikan untuk tidak memberikan kode OTP tersebut ke siapa saja termasuk juga pada pihak yang mengatasnamakan perusahaan tertentu.

Berbagai data pribadi seperti password, username, NPWP, KTP dan berbagai data pribadi lain harus selalu dirahasiakan.

Termasuk juga jangan pernah mengirim foto KTP, kartu debit atau kredit, NPWP dan sebagainya lewat email atau WhatsApp pada pihak lain.

6. Hindari Klik Link Secara Sembarangan


Cara supaya anda terhindar dari phishing selanjutnya adalah memastikan untuk tidak klik pada suatu link secara sembarangan yang dikirimkan bersama email, SMS, DM, WhatsApp dan sebagainya.

Ini disebabkan karena mungkin saja link yang dikirimkan tersebut berisi situs asal sampai akun sosial palsu yang memang sudah beredar luas dan bisa membahayakan data pribadi yang anda miliki.

7. Gunakan Antivirus dan Reset Gadget Secara Berkala


Pastikan anda menginstall antivirus yang paling baru pada smartphone serta laptop supaya bisa terhindar dari phishing saat sedang berbelanja online.

Anda juga harus reset ponsel serta menghapus aplikasi atau unlink device ketika anda memutuskan untuk mengganti gadget yang anda miliki.

Membersihkan data diri di gadget yang anda miliki pada aplikasi sangatlah penting supaya data tersebut tidak sampai berpindah tangan.

Untuk itu, pastikan anda selalu menghapus seluruh aplikasi, riwayat atau history pemakaian yang berhubungan dengan data pribadi serta melakukan reset perangkat sebelum memutuskan memberikan atau menjual gadget yang anda miliki pada orang lain.

Tujuan utama dari kejahatan phishing adalah untuk membajak akun yang anda miliki.

Untuk itulah, beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas sangat penting untuk diperhatikan supaya tidak sampai merugikan anda dan membuat berbagai data penting yang anda miliki disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Cara Agar Terhindar dari Phishing Saat Belanja Online
4/ 5
Oleh